Mobile Legend Atau LoL Wild Rifts: Mana Moba Paling Seru?

Mobile Legend Atau LoL Wild Rifts: Mana Moba Paling Seru?

Banyak orang memilih berbagai macam cara untuk menghabiskan waktu luang yang dimilikinya. Ada yang memilih untuk menghabiskan waktu luang dengan berkumpul bersama keluarga, ada yang mengisinya dengan berwisata ke tempat terkenal, dan ada juga yang memilih untuk bermain game. Bermain game sendiri memang menjadi pengisi waktu luang yang efektif tanpa mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, bermain game juga memiliki beberapa manfaat seperti dapat menghilangkan stress setelah seharian beraktifitas dan juga dapat mengembalikan mood atau suasana hati kita. Salah satu jenis game yang sekarang ini sering dimainkan oleh banyak orang adalah game moba. Game moba sendiri menawarkan pengalaman bermain game battlefield 5 vs 5 dengan player lain secara random. Anda bisa memilih berbagai macam karakter yang anda sukai untuk anda mainkan dalam battlefield. Di tahun 2020 ini, game moba yang paling sering dimainkan oleh orang adalah Mobile Legend dan LOL Wild Rifts.

Mobile Legend

Mobile Legend Atau LoL Wild Rifts: Mana Moba Paling Seru?

Mobile legend adalah salah satu game moba yang dikeluarkan oleh Moonton, sebuah developer yang berasal dari negeri tirai bambu, China. Game satu ini bisa dibilang cukup populer dan hingga saat ini telah dimainkan oleh lebih dari 200 juta orang dari berbagai belahan dunia. Game moba satu ini pertama kali dirilis tahun 2016 dengan grafik dan tampilan yang masih sangat sederhana. Meskipun dengan grafik dan tampilan yang sederhana pada awal kemunculannya, game ini tetap memiliki daya tarik sendiri bagi para pemainnya. Banyaknya karakter yang dimainkan, serta adanya event berhadiah skin karakter membuat banyak orang tertarik untuk bermain game moba ini. Moonton juga selalu membuat game Mobile Legend semakin baik setiap tahunnya. Ini dibuktikan dengan terciptanya beberapa karakter/hero baru. Selain itu, berbagai macam skin karakter yang sangat ciamik dan memanjakan mata dikeluarkan satu per satu oleh Moonton. Hal ini tentu membuat banyak orang semakin penasaran dan akhirnya mencoba game yang satu ini.

Dengan popularitas dan pengguna yang cukup tinggi tidak membuat game yang satu ini tidak memiliki kontroversi. Sejak awal kemunculannya, banyak pemain dan pengamat game yang mengeklaim bahwa game yang satu ini merupakan game plagiat. Bahkan salah satu developer dari game moba lain bersikeras bahwa game Mobile Legend ini banyak memiliki kesamaan mulai dari karakter, skin, hingga latar belakang cerita yang mirip dengan game mereka. Namun masalah yang satu ini memang masih menjadi perdebatan mengingat Moonton sendiri telah mendaftarkan hak ciptanya secara resmi. Terlepas dari beberapa kasus tersebut, Mobile Legend nyatanya tetap memiliki penggemar setia. Hal ini dikarenakan pengembangan game ini selalu dapat memuaskan para penggunanya. Semakin tahun, Moonton selalu meningkatkan performa gamenya mulai dari grafik, mode game, hingga dalam urusan optimalisasi jaringan yang membuat para pengguna merasa lebih nyaman dalam memainkan game ini.

LoL Wild Rifts

mobile legend

Pada pertengahan tahun 2020, dunia game mulai dihebohkan dengan kemunculan sebuah moba baru yang bernama League of Legends: Wild Rifts. Game keluaran developer Riots ini sukses mencuri perhatian para pengguna game moba. Sebenarnya, Riot telah merilis game moba ini sejak akhir tahun 2019 lalu, namun hanya saja masih dalam versi closed beta. Pengguna yang ingin bermain game ini harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa menikmati game. Selain itu, versi closed beta ini juga masih memilih pemain mana yang memang layak untuk mengunduh game moba yang satu ini. Namun mulai Oktober tahun ini, Riot mulai menghadirkan versi Open Betanya yang kini sudah bisa diunduh secara gratis dan dimainkan oleh semua orang. Hal tersebut membuat banyak pemain moba berbondong-bondong mencoba game moba baru yaing satu ini. Wild Rifts sendiri adalah game moba yang memang khusus dibuat untuk ponsel. Oleh karena itu, Riot membuat game ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yang cukup ramah bagi memori penyimpanan ponsel para penggunanya.

Sejak awal kemunculannya, Riot sepertinya tahu betul apa yang diinginkan oleh para player moba yang sekarang mulai menjamur dimana-mana. Riot membuat game ini memiliki spesifikasi yang rendah sehingga bisa dimainkan dengan lancer oleh berbagai macam jenis ponsel. Namun spesifikasi yang rendah ini tidak membuat Wild Rifts memiliki kualitas yang buruk. Hal ini dibuktikan Riot dengan menghadirkan tampilan game dengan grafik yang mampu memanjakan mata penggunanya. Pada awal kemunculannya, Wild Rifts sendiri merilis 51 karakter yang dalam gamenya mereka sebut Champion. Selain itu, mereka juga merilis lebih dari 100 skin untuk menarik banyak orang agar memainkan game mereka. Terlepas dari beberapa keunggulan yang disajikan, moba yang satu ini juga masih memiliki beberapa kekurangan mengingat game yang satu ini masih beberapa bulan diluncurkan.